Kue Lumpur

Kue tradisional Indonesia emang bener-bener snack/camilan favorit saya. Rasanya, apalagi kalau bahan dan pengolahannya masih benar-benar alami, akan benar-benar enak, manis, gurih, lembut dan moist. Cuma memang sayangnya jajanan tradisional ini sudah mulai pudar ketenarannya tergantikan oleh snack-snack modern, jikalau pun ada rasanya sudah tidak orisinil karna ada penambahan/pengurangan bahan-bahan tertentu. Salah satu kelemahan dari jajanan tradisional Indonesia adalah umur simpannya yang terbilang sangat rendah, bahkan ada yang hanya mampu bertahan selama 1 hari. Tugas kitalah sebagai anak muda untuk mempopulerkan dan membangkitkan kembali jajanan-jajanan tradisional Indonesia agar tidak kalah saing dengan jajanan dari luar sana.

Resep yang ingin saya share kali ini adalah kue lumpur. Kue lumpur biasa digunakan pada snack box, snack box. Variasi dari kue lumpur ini sebenarnya cukup banyak, tapi salah satunya yang saya ingin share adalah kue lumpur versi tape singkong. Kebetulan di rumah lagi ada tape singkong, oleh-oleh ibu dan bapak dari Ciwidey, yang ga abis-abis karna ga ada yang makan. Resepnya saya dapat dari aplikasi sajiansedap di tablet. Kunci enaknya dari Kue Lumpur ini adalah santan yang digunakan harus segar (santan kental akan menghasilkan rasa yang lebih enak) dan tape singkong (tape singkong yang berkualitas –> matang, empuk dan manis akan menghasilkan rasa yang berkualitas pula). Berikut resepnya..

IMG_20141004_114427

Continue reading “Kue Lumpur”

Advertisements

Red Velvet Cake (Versi Kukus)

Bismillah

Olaaaa. Welcome back!

Setelah lama vakum akhirnya saya posting lagi. It’s time for Red Velvet! Sebenarnya banyak postingan resep yang ingin di post, belum ada moodnya dan belum ada fotonya hihi.

Red velvet adalah sejenis butter cake. Ciri khas utama dari Red Velvet adalah warna merahnya (namanya juga ‘Red’) akibat penggunaan jus buah bit, selain itu penggunaan cokelat bubuk untuk menambah cita rasa. Resep yang saya dapat dari blog justtryandtaste sebenarnya sudah lama di bookmark, tetapi baru sempat di eksekusi kemarin, ketika penelitian saya sudah selesai hihi. Hal yang cukup unik dari proses pembuatan Red Velvet di justtryandtaste adalah proses pemanasan yang menggunakan pengukusan, versi aslinya kan di panggang, cuma ternyata bisa dikukus loh. Bagi saya, penggemar cake yang moist, langsung tertarik dengan resep ini. Dan hasilnya cukup memuaskan :). Berikut resepnya yang saya sudah modifikasi..

IMG_20141011_031705

Continue reading “Red Velvet Cake (Versi Kukus)”

Brownies Pisang

Saya salah satu pencinta kue serba cokelat. Salah satunya adalah brownies, apalagi kalau rasanya nyokelat banget. Wiiis mantaplah itu. Brownies favorit saya sih brownies kukus karena teksturnya yang moist dan ga bikin seret di tenggorokan.

Penamaan brownies disebabkan oleh penampakan kue ini yang berwarna cokelat. Namun dalam perkembangannya kue ini dapat berwarna-warni karena penggunaan white chocolate. Brownies merupakan salah satu jenis cake yang tidak membutuhkan pengembangan dalam pembuatannya, karena memang awalnya kue ini tercipta dari kegagalan saat membuat kue alias bantat. Selain itu, sebuah brownies harus mengandung cokelat baik berupa cooking chocolate maupun cocoa powder.

Dalam perkembangannya, brownies mudah sekali dimodifikasi dalam hal ingredients-nya yah, ditambahkan bahan-bahan lain, semisal pisang, singkong ataupun rasa seperti, keju, pandan, dll. Brownies ada yang berupa fudge brownies, yaitu brownies padat karena metode pengadukannya berupa all in dan brownies seperti bolu yang mengocok telur dengan gula agar ada sedikit pengembangan.

Saya pernah membuat brownies Ny. Liem, tapi menurut saya teksturnya seperti bolu karena terlalu ngembang. Nah, ada satu lagi nih brownies yang mendapat review enak banget dari food blogger. Namanya brownies pisang. Cara buatnya gampang banget lagi, tinggal aduk rata semua bahan. Masukin ke cetakan dan kukus.

CYMERA_20140403_172730

Rasanya enak, nyokelat dan sedikit pisang, aromanya perpaduan cokelat dan khas pisang yang wangi, sedangkan teksturnya padat, legit dan moist (karena dikukus kali ya). Tapi, ini dia bedanya. Haha. Apalagi kalo ditaruh di freezer, rasanya lebih enak. Semacam frozen brownies yang dijual di Bandung. Resepnya saya dapat dari sini. Resep yang saya lampirkan saya sedikit modifikasi ya.

CYMERA_20140403_172901

Continue reading “Brownies Pisang”