Self reflection

Ada begitu banyak cerita yang ingin dicurahkan. Ada begitu banyak teriakan yang ingin dikeluarkan. Ada begitu banyak pikiran yang ingin disederhanakan.

Setiap proses, setiap peristiwa, atau setiap episode dari hidup memang selalu memiliki hikmah, entah yang berakhir bahagia ataupun yang berakhir menyedihkan.

Sebelumnya gua bukanlah tipe orang yang menyesali apa yang telah terjadi. Yaudah kalau udah terjadi ya udah terima aja, emang pilihan lo, resiko lo, terima lah tanggungannya. Tapi belakangan ini ada satu hal yang sangat gua sesali kenapa mesti terjadi. Berkali-kali gua menyalahkan diri sendiri, menangis dan sangat menyesali.

Tapi lagi-lagi masa lalu yang sudah terjadi ga akan pernah bisa kita ubah sedikitpun kan? Yang bisa kita lakukan adalah mengubah pola pikir terhadap masalah yang sudah terjadi, and makes it in a positive way. Dijadikan pembelajaran dijadikan bahan untuk refleksi diri.

Makanya belakangan ini gua selalu banyak melakukan kegiatan yang positif, seperti membaca tulisan-tulisan yang positif, menekuni kembali hobi-hobi, dan tentunya mendekatkan diri kembali kepada Allah.

Dari episode hidup gua yang ini akhirnya gua sadar. Apa yang kurang dari diri gua yang lalu (baru nyadar, Ki? hahaha). Pertama, dulu gua jarang menjadi diri gua yang apa adanya. Kedua, gua kurang bisa menyampaikan sesuatu dengan baik ketika hal tersebut melibatkan perasaan. Ketiga, gua ternyata belum cukup tegas untuk sesuatu yang melibatkan perasaan. Keempat, gua tidak percaya diri dengan potensi diri. Kelima, keenam, ketujuh…… Banyaaak. Kalau dijembrengin ga abis abis deh. Intinya gua sudah (Insya Allah) banyak menjadikan episode hidup yang ini sebagai ajang introspeksi diri. Cuma hati benar-benar belum bisa melapangkan saja. Butuh proses ya namanya juga.

Makanya, gua kembali melakukan banyak hal yang sempat tidak dilakukan setahun belakangan ini karena hal itu. Misalnya, hal-hal positif yang gua lakuin untuk meningkatkan potensi dalam diri. Karna gini, gua baca blog dan nonton vlog tentang mahasiswa yang kuliah di luar sana. Daaaan isinya positif banget. Setelah gua baca blog dan nonton vlognya gua akhirnya mikir gini.

Ngapain sih lu masih aja galau sama urusan pribadi lo dan berlarut-larut ga bisa move on. Come on, hidup itu ga selebar daun kelor, buka wawasan lo, buka hidup lo. Banyak hal positif yang bisa lo lakuin, banyak hal yang bisa lo syukuri, banyak mimpi yang bisa buat lo lebih hidup daripada cuma larut dalam kesedihan dan menyesali kehidupan lo yang udah terjadi. Setiap episode yang dibuat Allah pasti ada hikmahnya, mungkin lo ga bisa ngerasainnya sekarang, tapi pelan-pelan tenangi diri, jernihin hati, jernihin pikiran, Insya Allah nanti terbuka apa hikmah dari semua ini. Insya Allah hati bisa lapang menerima semua ini. Ingat setiap yang lo ingini itu kadang memang bukan yang terbaik buat lo. Allah always choose the best way for you.

Semangaaat Kikiiiii! Keep positive, keep cheerful, keep grateful, keep dreamful, and keep be yourself!!

Percayalah semua akan indah pada waktunya. 🙂

Author: Rizky Udhiyah >>> Life Puzzle

Indonesian | Bekasi | passionate about cooking especially sweet food, traveling, reading and watching | breads and banana lovers | dreaming to bring Indonesian traditional snacks to the world | dreaming, doing & believing | Try telling stories and sharing through a particle of ink that bundled in this blog. Please, enjoy it! Follow, comment, and let's blogging... :D

Leave a Reply

