Red Velvet Cake (Versi Kukus)

Bismillah

Olaaaa. Welcome back!

Setelah lama vakum akhirnya saya posting lagi. It’s time for Red Velvet! Sebenarnya banyak postingan resep yang ingin di post, belum ada moodnya dan belum ada fotonya hihi.

Red velvet adalah sejenis butter cake. Ciri khas utama dari Red Velvet adalah warna merahnya (namanya juga ‘Red’) akibat penggunaan jus buah bit, selain itu penggunaan cokelat bubuk untuk menambah cita rasa. Resep yang saya dapat dari blog justtryandtaste sebenarnya sudah lama di bookmark, tetapi baru sempat di eksekusi kemarin, ketika penelitian saya sudah selesai hihi. Hal yang cukup unik dari proses pembuatan Red Velvet di justtryandtaste adalah proses pemanasan yang menggunakan pengukusan, versi aslinya kan di panggang, cuma ternyata bisa dikukus loh. Bagi saya, penggemar cake yang moist, langsung tertarik dengan resep ini. Dan hasilnya cukup memuaskan :). Berikut resepnya yang saya sudah modifikasi..

IMG_20141011_031705

Bahan :

A
220 g unsalted butter
200 g margarin
200 g gula pasir
1 tsp vanila ekstrak
1,5 tbsp pewarna merah pekat (saya pakai merk Koepoe-Koepoe yang merah tua)

B
400 g terigu
35 g coklat bubuk
20 g susu bubuk
1 tsp baking powder
½ tsp garam

C
4 telur
125 g susu cair
1 jeruk lemon (peras airnya)

Cara Membuat :

1. Olesi loyang kotak 22 x 22 cm dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, oles kembali dengan margarin.
2. Panaskan kukusan (bungkus tutup dengan kain agar air tidak menetes).
3. Kocok bahan A sampai ringan, mengembang dan putih.
4. Masukkan campuran bahan B dan C bergantian (menjadi 3 part).
5. Aduk rata. Masukkan adonan ke dalam loyang. Kukus sampai matang (50 menit dan lakukan tes tusuk).
6. Angkat dari kukusan, diamkan dalam loyang beberapa saat, keluarkan, dinginkan.

Pewarna merah yang baik tentunya akan menghasilkan warna merah yang terang atau bagus. Untuk pewarna merah yang tidak terlalu terang, sebaiknya jangan menggunakan pewarna lebih dari 2 sdm agar tidak berpengaruh terhadap rasa (nanti rasanya akan agak pahit dan sedikit after taste yang tidak nyaman di mulut). Jika ingin menggunakan pewarna merah alami, dapat menggunakan air blenderan buah bit (200 g buah bit diblender dengan 250 ml air), nanti cairan dari susu dapat dikurangi sebagai gantinya. Selain itu, untuk menghasilkan warna merah yang terang, gunakan cokelat bubuk yang menghasilkan warna cokelat muda, jangan yang menghasilkan warna yang gelap/pekat. Waktu itu saya pakai cokelat bubuk yang warnanya pekat, jadi warna merah yang keluar kayak merahnya terasi hihi. Penggunaan unsalted butter dibandingkan dengan salted butter akan menghasilkan rasa yang lebih creamy.

Untuk menghiasnya, dapat menggunakan cheese frosting atau swiss meringue buttercream dengan membelah cake menjadi 2 atau 3. Cuma karena untuk beli cream cheese dan krim kentalnya mahal, saya menggunakan swiss meringue buttercream saja resep dari sortedfood yang menggunakan perbandingan 3:2:1 untuk shortening/butter, gula, dan putih telur. Resep swiss meringue buttercream ini menghasilkan buttercream yang tidak terlalu manis, ringan dan lembut.

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s