Biaya Perjalanan Bandung – Karimun Jawa (4D3N)

SAM_0109

Beberapa hari ini lagi sibuk browsing sana sini untuk berburu informasi mengenai rencana perjalanan saya awal Maret mendatang. Ternyata informasi mengenai budget, transportasi dan makanan yang ditulis di blog berguna banget buat referensi.

Makanya mumpung masih inget rincian-rinciannya, saya mau ngeshare nih. Semoga bermanfaat.

Kami mengambil paket tour yang waktu itu lagi promo di Living Social, bayar full di awal sebesar 599.000 IDR. Berikut fasilitas yang kami dapatkan :

Kapal Penyebrangan Jepara – Karimun jawa pp (KM Penumpang Muria 1 Economy Class)
l Akomodasi Penginapan (Homestay Share 3 Outside Bathroom)
l Makan 8x (termasuk BBQ 2x)
l Ticket Entrance Objek Wisata dan Masuk Pulau
l Souvenir
l Transportasi dari dan Menuju Penginapan
l Kapal Tradisional untuk Island Hopping & Snorkeling (2 hari)
l Welcome drink & Konsumsi Snack (termasuk air mineral)
l Perlengkapan P3K Umum
l Set Snorkeling Lengkap (2 hari)
l Dokumentasi underwater dan selama Tour
l Guide Local dan Tour Leader Tarradipta

Penginapan yang di dapat berupa guest house. Memang disana umumnya seperti itu, hotel tidak ada malah, mungkin di pulau lain ada, seperti privat island gitu, dan pastinya harganya juga lebih mahal. Fasilitas penginapan lumayanlah untuk istirahat malam hari. Kasur dapat springbed, tapi teman kami yang lelaki dapat kasur kapuk haha. Satu kasur ukuran double untuk bertiga, kipas angin dan kamar mandi dalam. Sayang walau kasur kami empuk tapi toilet kamar mandinya (kebetulan) rusak, jadi kalo p**p tetap sharing ke kamar sebelah ;).

Jangan lupa, listrik di Karimun Jawa hanya beroperasi selama 12 jam, mulai dari jam 6 malam sampai jam 6 pagi. Jadi kalau malam puas-puasin deh ngecharge segala gadget dan jangan lupa bawa colokan. Tempat penginapan nyaman, aman, dan enak buat kumpul-kumpul dan kenalan sama rombongan lain. Yang punya rumah pun orangnya ramah. Homey deh suasananya.

Pertama kali datang datang dapat welcome drink. Es kopyor. Abis naik perahu, pusing, panas, diganti dengan sejuknya minuman ini. Walau sederhana, tapi terasa nikmat banget. Makan kami dapat 8 kali + bonus makan 1 kali 😉 (kami datang lebih awal). Makanan disana selalu berbau ikan, bukan seafood. Rasanya makan pakai sayur nikmat banget deh. Seafood mungkin mahal sedangkan sayur susah didapatkan dipulai ini. Ikan yang dikonsumsi adalah ikan kakaktua. Aneh kan? Yap, itu merupakan jenis ikan yang memiliki mulut menyerupai burung kakaktua dan sisiknya yang berwarna-warni. Soal rasa, standard! Minum berupa air mineral gelas juga tersedia. Kalau mau bawa snack yang banyak, soalnya disana jarang yang jual, kecuali untuk makan malam, silahkan berkunjung ke alun-alun. Alun-alun nya berupa lapangan luas yang berada dekat pantai, setiap malam ramai oleh pelancong yang bersantai dan bergurau ria sembari makan/minum/snack-ing menikmati angin malam.

es kopyor as welcome drink

Dari paket tersebut kami tidak mendapatkan souvenir dan harus membayar 10ribu saat ke penangkaran hiu (padahal katanya masuk ke objek wisata bayar). Selain itu, spot untuk snorkeling dalam 1 hari hanya 2-3 spot. Daerah-daerah yang paling bagusnya tidak sempat didatangi (tapi spot biasa juga udah bagus sih).

Berangkat saya naik kereta dari St. Bandung ke St. Semarang Tawang. Dari Bandung ke Semarang hanya ada kereta Harina saja. Dan kebetulan saat itu sedang promo. Yihaa. Biaya : eksekutif 80.000 IDR saja :D.. Ini gambar tiketnya.

Berangkat dari Bandung jam 20.45 sampai disana dijadwal jam 04.24.. tetapi ternyata telat. Kereta tiba di Semarang Tawang itu jam 5 lewat 15. Perjalanan dari stasiun Tawang ke Pelabuhan Kartini saat browsing memakan waktu sekitar 2 – 3 jam, sedangkan sebelum jam 7 kami harus tiba disana untuk memastikan kami mendapatkan tiket kapal. Khawatir dengan risiko hangusnya uang kami, kami memutuskan untuk sewa mobil dari semarang, seharga 200.000 idr dengan uang bensin sebesar 150.000 idr (dibagi berenam). Perjalanan hanya memakan waktu 1,5 jam 🙂

Tapi eh tapi, 10 menit sebelum sampai di Pelabuhan Kartini kami dikabarkan bahwa kapal Muria tidak beroperasi hari ini dikarenakan ada kerusakan mesin dan baru ada keesokan harinya. Pilihan yang ditawarkan adalah menginap gratis di Jepara sampai esok pagi (di Karimun jadinya hanya 3D2N) atau naik kapal express tapi menambah uang 78ribu (di Karimun tetap 4D3N). Akhirnya kami ambil pilihan kedua dengan pertimbangan waktu berlibur disana tidak berkurang, toh nambahnya juga enggak banyak, dan biar bisa merasakan 2 kapal yang berbeda (kan pulangnya tetap pakai kapal Muria). Kapal Express memakan waktu perjalanan 2 jam sedangkan kapal Muria 6 jam.

Pulangnya, karena ingin ke Semarang terlebih dahulu, dari Pelabuhan Kartini kami naik becak ke terminal Jepara. Sebenarnya bisa jalan kaki, tapi udah pada mabok laut haha. Bis tiga perempat merupakan transportasi yang mengangkut kami dari Jepara menuju Semarang. Seperti biasa, kendala transportasi di Indonesia, suka ngetem ga tau diri. Dan ini bis terakhir yang kami naiki, saat itu sekitar jam 4 sore. Dari Semarang ke Bandung kami naik bis Kramat Djati dari terminal Terboyo perjalanan malam hari sehingga bisa sampai Bandung pagi hari. Sayangnya, bisnya ramai sekali, bahkan ada yang berdiri dan bau toiletnya menyeruak kemana-mana.

Note : harga kapal ekspress sebenarnya tidak semahal yang disebut di agen tour, tapi antriannya banyak, udah gitu banyak calo, jadi harus punya kenalan orang dalam, kalo enggak, jangan harap dapat tiketnya.

tiket kapal express
tiket kapal Muria

Untuk makan siang saat berlayar, biasanya mendarat ke pulau-pulau cantik. Di pulau-pulau itu banyak warung-warung kecil yang menjual gorengan dan minuman kelapa muda (ga pake es, ga ada kulkasnya haha). Harga gorengannya mahal, 2000 idr, minumannya juga 10.000 idr. Maklum namanya juga pelosok 😉 kesananya aja jauh.

barbeque nya begini

Perjalanan ini berlangsung bulan Agustus 2013. Bulan yang pas untuk menikmati laut Karimun Jawa, ombak tidak tinggi dan sedang musim panas. Perjalanan 4D3N rasanya masih kurang puas, apalagi untuk bersnorkling rianya hanya 2 hari, belum dapat menjangkau pulau-pulau jauh yang konon sangat bagus. Kalau ada kesempatan, lain waktu ingin kesana lagi. Semoga! Oh, iya kalau sempat kunjungi Joko Tule untuk melihat sunset pada hari pertama kalian datang.  Sekian sharing-nya. Semoga bermanfaat 🙂

Paket 4D3N : 599.000

Biaya kereta Bandung-Semarang : 80.000

Biaya becak pelabuhan Kartini – terminal Jepara : 10.000/becak

Biaya bis tiga perempat Jepara – Semarang : 15.000

Biaya bis Semarang-Bandung : 120.000

Jajan-jajan di Karimun Jawa : 50.000

Kurang lebih saat itu saya membutuhkan biaya 1 juta rupiah, itu pun sudah dengan perjalanan di Semarang (di Semarang transport dan penginapan Alhamdulillah gratis ;D)

Lihat cerita saya tentang perjalanan kesana disini.