Brownies Pisang

Saya salah satu pencinta kue serba cokelat. Salah satunya adalah brownies, apalagi kalau rasanya nyokelat banget. Wiiis mantaplah itu. Brownies favorit saya sih brownies kukus karena teksturnya yang moist dan ga bikin seret di tenggorokan.

Penamaan brownies disebabkan oleh penampakan kue ini yang berwarna cokelat. Namun dalam perkembangannya kue ini dapat berwarna-warni karena penggunaan white chocolate. Brownies merupakan salah satu jenis cake yang tidak membutuhkan pengembangan dalam pembuatannya, karena memang awalnya kue ini tercipta dari kegagalan saat membuat kue alias bantat. Selain itu, sebuah brownies harus mengandung cokelat baik berupa cooking chocolate maupun cocoa powder.

Dalam perkembangannya, brownies mudah sekali dimodifikasi dalam hal ingredients-nya yah, ditambahkan bahan-bahan lain, semisal pisang, singkong ataupun rasa seperti, keju, pandan, dll. Brownies ada yang berupa fudge brownies, yaitu brownies padat karena metode pengadukannya berupa all in dan brownies seperti bolu yang mengocok telur dengan gula agar ada sedikit pengembangan.

Saya pernah membuat brownies Ny. Liem, tapi menurut saya teksturnya seperti bolu karena terlalu ngembang. Nah, ada satu lagi nih brownies yang mendapat review enak banget dari food blogger. Namanya brownies pisang. Cara buatnya gampang banget lagi, tinggal aduk rata semua bahan. Masukin ke cetakan dan kukus.

CYMERA_20140403_172730

Rasanya enak, nyokelat dan sedikit pisang, aromanya perpaduan cokelat dan khas pisang yang wangi, sedangkan teksturnya padat, legit dan moist (karena dikukus kali ya). Tapi, ini dia bedanya. Haha. Apalagi kalo ditaruh di freezer, rasanya lebih enak. Semacam frozen brownies yang dijual di Bandung. Resepnya saya dapat dari sini. Resep yang saya lampirkan saya sedikit modifikasi ya.

CYMERA_20140403_172901

Bahan :

– 150 g dark cooking chocolate, lelehkan bersama margarin
– 125 g gula pasir
– 3 sdm margarin, lelehkan bersama dcc
– 300 g pisang ambon(2-3 buah), haluskan
– 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
– 100 g tepung terigu protein sedang
– 1/2 sdt baking powder
– 20 g coklat bubuk
– 1/2 sdt garam

 

Cara membuat :

– Panaskan kukusan.

– Olesi loyang dengan margarin/alasi dengan kertas roti.

– Campur semua bahan. Aduk rata.

– Masukkan ke loyang.

– Kukus sampai matang (tidak menempel jika ditusuk dengan tusukan gigi), 45-50 menit.

– Sajikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s