Karimun Jawa :D

Rasanya udah lama banget ga ngepost ngepost lagi. Haaaaaa, banyak yang pengen diceritain, tapi satu-satu dulu aja, berhubung saya cuma punya 2 tangan :p. Kali ini mau ceritain tentang my another trip, it was 2 months ago. Karimun Jawaaaaa.. Yeee!!

Perjalanannya dimulai dari tanggal 18 Agustus sampe 24 Agustus 2013, minggu akhir dari liburan kami sebelum masuk ke semester 7 #miris. Rute perjalanan kami adalah Bandung – Semarang – Jepara – Karimun Jawa – Jepara – Semarang – Bandung. Trip kali ini terdiri dari 6 personil, me, puput, ambi, adit, indre sama agil. Sebenernya perjalanan ini udah direncanain dari bulan April, ganti jadwal perjalanan 2 kali, and finally kita semua jadi berangkat. Ini pertama kalinya kita berenam jalan bareng, jauh lagi. Walaupun sebelumnya ada beberapa orang yang ga yakin buat ikut dan hampir ngebatalin perjalanan :p (ga nyesel tapinya mereka haha).

Kebetulan kami ambil paket dari tour travel yang waktu itu lagi diskon, bayar full di awal. Jadi, tinggal mikirin perjalanan dari Bandung ke Jepara dan sebaliknya. Butuh perjuangan buat sampe ke Jeparanya. Di itinerary yang dikasih tour travel bilang kalo kita mesti sampe di Pelabuhan Kartini jam 6 sampe jam 7, kalo lewat dari jam itu dan ternyata kita ketinggalan kapal, yaudah deh tuh uang angus. Kapal ferry muria ceritanya berangkat jam 8an, tapi ga jelas gitu jadwal sebenernya buat berangkat, jadi secepatnya itu kapal penuh, yaudah deh dia jalan aja. Makanya, ngebayangin ketinggalan kapal dan uang kita angus itu rasanya udah panas dingin ;p

Dari Bandung naik kereta ke Semarang, naik kereta Harina, soalnya waktu itu lagi diskon. Namanya juga mahasiswa, ada diskon dikit langsung diembat haha. Kereta di jadwal bilang nyampe jam 4.24, perkiraan kereta bakal telat paling lama 15 menit dan perjalanan ke Pelabuhan Kartini 2 jam. Berhubung waktu mepet banget, kita cari aman aja, sebelum berangkat naik kereta kita udah ngebooking mobil buat ke Pelabuhan Kartini. Bener aja, ternyata kereta telat, nyampe stasiun Semarang Tawang sekitar jam 5.10, di jalan udah deg deg an. untung bapak supirnya jago ngebut. Jalanannya dari Semarang ke Jepara awalnya kayak jalan lintas pantura gitu, masih bagus, tapi pas udah masuk Jeparanya jalanannya mengecil dan rusak. Perjalanan Semarang-Jepara yang ngebut itu makan waktu sekitar 1,5 jam, tapi sebelum sampe sekitar 15 menit dikasih tau kalo kapal ferry muria yang kita mau naikin ga beroperasi, katanya ada yang rusak dan masihada di Karimun Jawa, baru ada keesokan harinya. Disitu rasanya antara kecewa, sedih sama ga percaya, malah sempet mikir kita ditipu ga ya. Ketika sampai di Pelabuhan Kartini memang ternyata keadaannya seperti itu. Solusinya ada 2, tetap berangkat hari itu naik kapal cepat yang cuma memakan waktu perjalanan 2 jam (kapal ferry muria 6 jam) tapi nambah uang 79ribu atau nunggu hari besok tapi liburan yg 4N3D jadi cuma 3N2D. Setelah dipikir-pikir, mendingan nambah aja deh.

Sekedar info, sebenernya kapal cepat itu harganya menurut saya ga terlalu mahal, kelas ekonomi harganya sekitar 60ribuan, kelas bisnis sekitar 80ribuan dan kelas eksekutif sekitar 110ribuan..Tetapi kendalanya adalah tiket susah didapet kalo kita beli secara personal, karena disana calo banyak banget. Makanya sebenernya kita beli tiket kata bapaknya tiket eksekutif tapi ternyata duduknya di kelas ekonomi. Bahkan ada bapak-bapak yang sering bolak balik Jepara-Karimun Jawa, kebetulan beliau polisi laut di Karimun Jawa katanya pun susah untuk mendapatkan tiket kapal cepat karena adanya permainan antara calo dan orang dalam. Kayaknya hal ini butuh sentuhan dari pemerintah agar tertib, aman dan lancar sehingga kegiatan pariwisata di Karimun Jawa semakin mudah.

Pertama kalinya buat saya naik kapal laut, biasanya naik kapal kapal kecil yang ada di danau danauan itu haha. Entah saat itu memang anginnya besar atau memang biasanya juga gitu. Naik kapal cepat ini serasa naik wahana di dufan, naik turun miring ke kanan miring ke kiri, tapi buat gua seru haha. Sesampainya disana huh langsung deh ilang capenya pas ngeliat pantainya yang airnya beniiiiiing banget. Pengen nyebur banget rasanya..

Hari itu kami istirahat, sorenya kami memutuskan untuk jalan-jalan ke alun-alun pulau karimun, pusat kota Karimun ceritanya, sampai akhirnya kenalan deh sama anak SD yang lucu banget, ngomong Jawanya medhok pisan. Nikmatin main air sambil foto-foto, sambil bikin video-videoan, walaupun biasa banget sih pantainya. Cuma tetep heppi.. Pokoknya disitu memang pusatnya penduduk tinggal, pulaunya kecil, tidak begitu besar. Toko-toko kelontong pun jumlahnya sangat sedikit, dan penduduk mengandalkan sembako ya dari Jepara. Makanya ketika misalnya ada badai datang, mereka sering kekurangan pasokan makanan.

Setelah itu kita kembali ke penginapan untuk jemput yg lainnya, nah petualangan dilanjut deh.. Jalan-jalan, terus tanya penduduk tempat yang enak buat jalan kemana. Ditunjukkinlah jalan, pokoknya ke tempat tertinggi di pulau itu, namanya Joko Tule, katanya bisa ngeliat sunset disitu. Ngeliat tempatnya dr jauh agak serem sih, gelap, hutan gitu. Terus ibunya juga ngomong, kesurupan kesurupan gitu. Akhirnya ikutin aja deh saran dari ibunya, abis itu saya ngobrol sama Adit, “Dit, tadi denger ga ibunya ngomong kesurupan kesurupan? Maksudnya apa ya? Kok serem sih?”, tapi yg lain ga ada yang denger, “Iya dut adit juga denger, gimana ya?”.. Hahaha muka Adit udah khawatir gitu, tapi tetep aja dilanjut.. Gak lama kemudian, Adit bilang, “Kesurupan tuh artinya Maghrib tau dut. Tadi Adit baru tanya sama temen Adit yang ngerti Jawa.” HUAHAHAHA. Bloon dah ya!

Emang sih ini tempat tinggi, ada saung-saung gitu buat melihat sunset..

Besoknya seharian kita keliling pulau. Snorkling.. Huaaa. Ini rasanya sangat sangat bahagia. Alhamdulillah cuaca juga sangat mendukung. Kalau yang ini naik kapal nelayan, bareng sama rombongan lainnya. It was the first time!

Kepulauan Karimun Jawa

terumbu

Cantik yaaa? Nulis beginian aja rasanya pengen kesana lagi. Tempat yang kami kunjungi juga sebenarnya masih sangat sedikit, nan disana masih banyak lagi surga dunia yang masih belum kami kunjungi karena keterbatasan waktu. Dan lebih bagus katanya… *langsung ngeces.. Subhanallah! Surga dunia aja seperti ini, apalagi sebenar benarnya surga. Subhanallah!

Ini foto saat snorkling hari kedua. Pose terbaik foto underwater. Haha. Hari pertama, muka masih ga bisa dikontrol. Udah gitu dibelakang banyak kaki kaki orang. Badan ga bisa tenggelam, ngapung terus (maklum kebanyak helium di perut). Haha, ini the best. Maklum newbie.

IMG_8643Ini foto di empangnya hiu. Memamcu adrenalin sih, tapi sebenarnya biasa aja. Bayar 10ribu untuk masuk ke dalam kolam ini. Hiu nya juga memang masih kecil dan bukan yang jahat.

IMG_8494Perahu yang membawa rombongan kami menjelajah pulau-pulau melewati bahtera lautan. Bendera merah putih berkibar di atasnya, penanda bahwa ini adalah tanah Indonesia. Tanah Indonesia yang begitu indah Haha #ngarang.. Hari kedua kami mencapai pulai yang lebih jauh, sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan. Perjalanan hari kedua ini lebih menantang, dikarenakan kami melewati lautan yang memang ombaknya tinggi akibat tempat terjadinya pertemuan arus. Perahu sekecil itu, terombang ambing di lautan lepas, rasanya bener-bener mengguncang adrenalin. Sampai saya semakin bersyukur telah diberi banyak nikmat oleh Allah. Rasanya dibandingkan dengan ombak itu saja saya tidak berdaya, dan tidak ada apa-apanya. Sangat kecil sekali. Alam memang tempat refleksi yang sesungguhnya.

IMG_8329Main di pantai, main air, rasanya tidak lengkap tanpa berfoto sambil loncat. Haha. Kudu banget. Filosofinya adalah kebebasan dan kebahagiaan :p

Santai kayak di pantai

Nongkrong-nongkrong disini enak banget loh. Sambil makan es kelapa, makan gorengan hangat-hangat, di atas pasir putih yang lembut, kena semilir angin pantai, adem di bawah pohon kelapa yang melambai-lambai, sambil ngeliat perpaduan warna biru yang terbentuk oleh laut dan langit..

Yes, we are!

Ditutup dengan foto full team sambil menghadap sunset di Karimun Jawa.. Perjalanan yang membuat kita tambah dekat, tambah akrab, dan tambah semangat untuk menggapai mimpi-mimpi kita. Perjalanan yang menyenangkan, bukan cuma karena tempatnya yang begitu indah, tapi karena juga bersama kalian #tsaah.. Semoga ada kesempatan di lain waktu untuk menjejaki bumi pertiwi ini bersama-sama. Dan semoga kita bisa diwisuda Agustus 2014 ini. AMIN