Perjuangan, Pengorbanan, Komitmen

Hasil diskusi dengan seorang teman tentang perjuangan, pengorbanan dan komitmen akhirnya menimbulkan keinginan saya untuk menulis.

Hubungan itu adalah sebuah perjuangan. Sebuah pengorbanan.

Hubungan itu ikatan antara satu hal dengan hal lainnya kan? (red : hal = manusia)

Hubungan itu tercipta karena adanya komitmen, baik secara lisan ataupun tidak. Secara sadar ataupun tidak.

Hubungan yang tulus itu terukur dari perjuangan dan pengorbanan. Seperti misalnya hubungan antara orang tua dan anak. Seberapa banyak pengorbanan yang diberikan orang tua, tentu mereka tidak akan pernah menghitungnya. Begitu pula dengan anaknya, sebagai balasan walaupun tanpa permintaan, tentu saja mereka akan berjuang untuk membalasnya, bukan sebagai hutang budi tetapi timbul karena kuatnya ketulusan itu.

Yaitulah. Tetapi bagaimana bagaimana jika pengorbanan dan perjuangan hanya dilakukan secara sepihak? Bukankah sebelumnya saya bilang bahwa hubungan itu terjadi antara lebih dari satu manusia kan? Rasa-rasanya tak kan pernah ada lagi yang namanya sinkronisasi. Bukankah hubungan yang baik itu karena ketulusan, karena hati? Entah hubungan sebagai teman, kekasih, saudara, orang tua, dan sebagainya.

Perjuangan dan pengorbanan, apalagi komitmen, menurut saya harus diperjuangkan bersama-sama, harus dijalani bersama-sama. Tentu dengan porsinya masing-masing.

Advertisements

Author: Rizky Udhiyah >>> Life Puzzle

Indonesian | Bekasi | passionate about cooking especially sweet food, traveling, reading and watching | breads and banana lovers | dreaming to bring Indonesian traditional snacks to the world | dreaming, doing & believing | Try telling stories and sharing through a particle of ink that bundled in this blog. Please, enjoy it! Follow, comment, and let's blogging... :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s