Kopi, Unik dan Istimewa

Mungkin semua orang tahu apa itu kopi. Sampai-sampai membicarakan kopi sekarang ini seperti tak ubahnya membicarakan kacang goreng di pasaran. Yap. Kopi adalah minuman penyegar yang berasal dari biji kopi yang telah mengalami berbagai proses pengolahan. Setelah membaca beberapa buku, menganalisis, dan mengamati, dan tentunya kuliah Teknologi Pengolahan Kopi, ternyata kopi tidak hanya sekadar kopi. Kopi itu unik. Kopi itu istimewa.

Membaca sejarah kopi, kopi memiliki asal usul yang menarik. Tak jelas dan tak pasti darimana asal muasal kopi. Awal mulanya, kopi banyak dikonsumsi oleh agamawan sebagai penyegar ketika beribadah panjang di malam hari. Pernah pula kopi menjadi minuman bernilai tinggi dan hanya dikonsumsi oleh bangsawan. Kopi juga yang menjadikan terciptanya sejarah penjajahan oleh negara-negara Eropa.

Saat ini kopi juga dapat dianggap sebagai gaya hidup. Bagaimana tidak? Harga secangkir kopi yang mahal, dengan tempat yang sangat cozy dan dilengkapi dengan fasilitasi wifi dsb menjadikan menikmati secangkir kopi sebagai gaya hidup yang bergengsi dan berkelas. Kopi mulai mencitrakan kelas sosial saat ini.

Walaupun, minum kopi di pinggir jalan ataupun di warteg ataupun di warkop tetap saja menjamur dimana-mana dan masih diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Harga kopi sekarang pun sangat bervariasi, dari yang paling murah sampai yang paling mahal, semuanya ada. Tinggal pilih. Semua kalangan masih dapat menikmati rasa kopi saat ini.

Pernah saya membaca sebuah buku karya Andre Hirata yang berjudul Cinta di Dalam Gelas, disitu diceritakan bahwa pentingnya warung kopi sebagai wadah interaksi sosial dan budaya di dalam masyarakat. Dan disitu pula tersirat lewat cerita bahwa masyarakat yang tidak pernah ke warung kopi adalah masyarakat yang anti sosial. Dimana ada kopi disitulah suasana akan segera mencair.

Hal lain yang menarik bagi saya adalah beberapa buku yang judulnya bawa bawa nama kopi, tadi isinya sama sekali tidak tentang kopi. Seistimewakah kopi itu? Seperti pada buku karya Dee yang berjudul Filosofi Kopi. Kopi memiliki filosofi yang istimewa dan tersirat lewat cerpen-cerpen yang ada dalam buku tersebut.

Lalu ada lagi buku motivasi yang berjudul “Secangkir Kopi Manis”. Lagi-lagi kopi disebut, katanya kebahagiaan itu ibarat menikmati secangkir kopi manis di pagi hari.

Entahlah, intinya saya menganggap bahwa kopi itu istimewa dan unik dibanding dengan minuman yang lainnya. Walaupun saya sendiri tidak begitu menyukai kopi. 🙂 Just sharing.

Advertisements

Author: Rizky Udhiyah >>> Life Puzzle

Indonesian | Bekasi | passionate about cooking especially sweet food, traveling, reading and watching | breads and banana lovers | dreaming to bring Indonesian traditional snacks to the world | dreaming, doing & believing | Try telling stories and sharing through a particle of ink that bundled in this blog. Please, enjoy it! Follow, comment, and let's blogging... :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s