Pisang Punah… (???)

Image

 

Suatu malam, dreet dreet (suara getar hape ceritanya).. Oh ada sms masuk, #bacasms.

isi smsnya, “sedih karena pisang terancam punah di tahun 2013”.

ternyata emang bener, kalo mau baca beritanya, baca disini..Intinya sih akan punah karena suatu penyakit yang bisa mematikan buat si pohon pisang itu. Aduh jangan sampe beneran deh ya itu punahnya. Semoga penyakit yang mematikan pisang itu bisa cepet ilang, atau seenggaknya ditemuin deh obatnya. Kan ilmuwan sekarang canggih-canggih banget tuh.

Kenapa gua ngebahas pisang ? Pertama karena gua emang suka pisang. Ditambah lagi, makalah seminar gua juga ngebahas tentang pisang juga (eh jangan ada yang mikir kalo gua kayak mo**et). Faktanya, pisang tuh emang enak #apasih yang gak enak buat gua#. Udah gitu si pisang ini punya banyak banget manfaat. Tapi yang mau sedikit dibahas disini ya tentang manfaat pisang sebagai sumber serat. Ini juga yang gua bahas di makalah seminar. Doain ya semoga makalah itu cepat selesai. Udah 2 bulan ga ada kemajuan nih hehe #nyengirtakbersalah

Kenapa disebut sumber serat? Sebenarnya serat yang ada disini bukan serat yang sebenarnya kayak yang ada di sayur-sayuran. Melainkan sumber serat disini karena pada pisang itu kadar pati resistennya  cukup tinggi. Nah loh, apa tuh pati resisten? Jadi, pati resisten itu adalah pati yang sifat fungsionalnya mirip dengan serat dimana ketika berada di dalam usus halus pati tersebut tidak dapat dicerna sehingga dapat mendorong isi usus kita keluar menjadi feses. Ternyata, pas gua coba, terbukti loh.

Selain itu, manfaat lain dari pisang masih banyak. Ayo ayo kita jaga alam ini biar semua yang ada di alam ga cepet punah. Kan kasian kalo anak cucu kita ga bisa ngerasain enaknya pisang. Iya gak? 😀

One thought on “Pisang Punah… (???)

Leave a Reply

