Pesona Kawah Putih

Image
Gunung Patuha dan Kawah Putih

Di penghujung liburan semester 3, tepatnya pada tanggal 18 februari 2012 gua dan teman seperkosan gua, The Lingga’s, (maksudnya teman-teman satu kosan :)) memutuskan untuk menutup liburan panjang kita ini dengan berkunjung ke salah satu objek wisata di Bandung yang sudah cukup terkenal, yaitu Kawah Putih. Sebelumnya gua akan memperkenalkan siapa aja yang ikut dalam perjalanan ini, orangnya adalah Kiki, Eka, Apit, Ari (cowoknya Apit), Astia, Wita, dan Mira. Sayang banget dua The Lingga’s yang lain (Tiara dan Oki) tidak bisa bergabung dalam acara kali ini.

Perjalanan dimulai sekitar pukul setengah 10 pagi dari tanah Jatinangor menggunakan mobil yang disewa dengan harga Rp 200.000,00 untuk 12 jam (lepas kunci dan belum bensin). Perjalanan memakan waktu sekitar 1 – 1 ½ jam. Akses untuk mencapai ke sana sudah cukup bagus, setelah keluar dari pintu tol Soreang banyak papan jalan yang mengarahkan ke tempat tersebut, jadi kemungkinan untuk nyasarnya bakal kecil, dan Alhamdulillah kita gak nyasar hehe. Jalanan yang ditempuh kurang lebih sama seperti jalanan pegunungan, berliku-liku dan disuguhi oleh pemandangan-pemandangan cantik dan menyegarkan khas pegunungan, selain itu di kanan-kiri jalan, banyak perkebunan strawberry yang merupakan salah satu produk khas dari tempat tersebut. Untungnya, jalanan saat itu sangat lancar. Alhamdulillah :D, jadi cepet nyampe deh.

Ketika sampai di gerbang, ada seorang bapak-bapak menawarkan masker, kita kira dia termasuk salah satu petugas, bapak-bapak itu bilang..”Iya wajib.”, dan dengan polosnya kita beli aja deh tuh masker yang seharga Rp 5000,00 untuk satu potongnya. Eh, ternyata pas udah sampai di atas, banyak yang nawarin masker yang sama cuma seharga Rp 1000,00. Hahaha, dibodohin lagi. Jadi, buat yang mau kesana, hati-hati dengan penjual yang menggunakan modus seperti ini. Balik lagi ke cerita, pas dipintu masuk, ada 2 alternatif kita menuju kawasan Kawah Putih, yaitu dengan angkutan yang sudah disediakan dengan harga Rp 25.000,00 untuk bolak-balik, atau dengan mobil pribadi seharga Rp 150.000,00 hanya untuk mobil aja, belum termasuk bayar orangnya. Perbedaan harga yang cukup timpang, yaudah, karena kita mahasiswa kere, kita putusin buat naik angkutan aja. Angkutan yang dinaikin mirip kayak mobil-mobil yang di taman safari itu, yang kanan kirinya gak ada penutup, yah mirip odong-odong yang ada di UNPAD tapi versi kecilnya lah. Satu mobil odong odong ini muat sekitar 18 orang. Perjalanan dari pintu gerbang ke Kawah Putihnya memakan waktu sekitar 30 menit, trek yang dilewati cukup berliku tajam, selain itu jalannya juga sempit (muat untuk 1 mobil saja), dan dikelilingi oleh hutan rimbun.

Image
Jalanan Kayu, Akses Menuju Danau Kawah

Kawasan Kawah Putih menurut saya sudah dikelola dengan cukup baik, hal ini ditandai dengan beberapa fasilitas yang tersedia, salah satunya adalah jalanan yang terbuat dari kayu sebagai akses tempat parkir menuju kawasan danau. Kawasan tersebut berupa danau yang cukup luas, yang saat itu sedang berwarna biru kehijauan. Terkadang dari danau tersebut muncul gelembung-gelembung, asap, dan bau belerang. Danau juga dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan, dan hutan. Pohon-pohon yang berada di sekeliling danau kebanyakan adalah pohon beranting yang tidak berdaun, menimbulkan efek-efek keindahan yang berbeda, apalagi ditambah tanah yang terdiri dari bebatuan berwarna putih. Udara yang sejuk dan dingin menjadi pelengkap untuk perpaduan keindahan alam yang sangat mempesona ini. Subhanallah.

Image
Batu putih, pohon ranting tak berdaun, dan hutan

Walaupun, yang dapat pengunjung lakukan disana hanya melihat-lihat dan berfoto-foto saja, tapi tempat ini recommended buat menghilangkan kejenuhan dan kepenatan akan rutinitas sehari-hari. 😀 Oh iya, kalau mau beli oleh-oleh, buah strawberry bisa jadi alternatif. Banyak penjual kaki lima ataupun pedagang asongan yang menawarkan strawberry dengan harga yang relatif murah bila dibandingkan dengan beli di toko buah deket rumah. Oh iya, harga disana juga masih bisa ditawar loh, jadi pinter-pinter nawar aja ;).

Image
Indahnya Kebersamaan di Antara Pesona Kawah Putih
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s