The Important Time Management In Our Life

Kamu semua pasti tahu dong kalo semua manusia, bahkan semua makhluk hidup maupun makhluk tak hidup mempunyai keterbatasan waktu. Time management. Suatu hari di suatu kelas, gua pernah ditanya, ‘How important time management in your life?’Surely, gua jawab time management sangat penting di dalam kehidupan, apalagi di kehidupan gua. Mostly, semua orang di dunia ini punya target, impian, dan cita-cita dalam hidupnya. Nah, untuk mencapai semua itu tadi kita mesti kita mesti mengatur step by step-nya, mulai dari caranya sampai waktunya.

Selain itu, dengan kamu punya time management, hidup kamu bakal lebih teratur dan terjadwal, walaupun terkadang tidak sesuai dengan plan-nya. Salah satu bentuk time management adalah dengan datang tepat waktu. Hal ini dapat dibuktikan dari perbedaan antara negara maju (e.g Jepang) dan negara berkembang (e.g Indonesia). Orang-orang di Jepang adalah orang yang sangat menghargai waktu. Ketika mereka mengadakan perjanjian/pertemuan, mereka akan datang 15-30 menit sebelum waktu yang disepakati, sedangkan di Indonesia kebalikannya, orang Indonesia akan datang 15-30 menit setelah waktu yang disepakati. Haha. Itulah hasilnya, negara Jepang jauh lebih maju dibanding negara Indonesia.

Solusi dari permasalahan di atas salah satunya adalah ‘start with your self!’. Berdasarkan pengalaman, dulu gua adalah orang yang sangat on time, walaupun hanya 0-10 menit sebelum waktu yang disepakati. Dan sebelnyaa, you know lah orang-orang Indonesia, apalagi teman-teman gua, yang kalo disuruh janjian jam 11, mereka datengnya jam 12 bahkan lewat, makanya sering gua ngasih tau mereka buat dateng jam 10. Sampe bikin gua dongkol sedongkol dongkolnya, sampe akhirnya suatu waktu gua berfikir, ‘yaudahlah gua dateng ngaret aja, toh temen-temen yang lain juga pasti bakal pada ngaret.’ Jadi, lingkunganlah yang membuat kebiasaan jelek pada diri gua. Huaaa, lingkungan emang sangat berpengaruh ya.. Lanjut! Ketika sesuatu dimulai tepat waktu, maka sesuatu itu akan lebih baik hasilnya. Lagian, kalo tepat waktu, waktu yang kita pake jadi gak useless kan?! Jadi, mulailah belajar tepat waktu dari diri sendiri. Gak usah peduli sama lingkungan kayak gimana, toh dengan dimulai dari kita sendiri, orang lain mungkin akan bisa belajar dari kita. 🙂

Selain itu, ada satu cara me-manage waktu. Ini mungkin cara gua biar apa yang semua gua niatin itu berjalan sesuai dengan waktu dan porsinya. Walaupun, terkadang gua sering banget mengingkari jadwal yang udah gua buat sendiri. Hehe :p #gakbolehditiru. Contohnya, misalnya dalam 3 bulan ke depan ini tulis target apa aja yang pengen kamu capai, terus kamu tulis deh step apa aja nih yang mesti dilakuin. Kalau target yang pengen dicapai cuma 1 sih, kita mungkin bisa fokus sama target kita itu, tapi bagaimana kalau kita adalah seorang pemimpi, yang selalu mempunyai lebih dari 1 target? Nih, tips-nya, kamu bikin deh jadwal dalam sehari apa aja yang mesti kamu lakuin, dari bangun tidur sampe akan tidur lagi, gak usah sedetail mungkin, secara garis besarnya aja, di jadwal yang kosong itu, kamu masukin step yang kamu mesti lakuin untuk mencapai targetmu. Misalnya, hari senin dan hari selasa kamu ngelakuin step untuk mencapai target pertama, hari rabu dan hari kamis untuk target ke-2, dst..Soalnya, kamu pasti punya jadwal rutin (misalnya kuliah), tapi terkadang di luar jadwal rutin itu, kita punya waktu luang yang sering tidak termanfaatkan dengan baik. Dengan kita punya jadwal kayak gitu, Insya Allah target yang kita ingin bisa tercapai..Amin.

Kamu tau Farrah Gray?? Now, he is the youngest man with a lot of money. Dia menyebut dirinya reallionaire, yang berarti rich inner and rich outer. Dia adalah seorang pemuda yang sudah sukses dan menghasilkan banyak uang sejak dia berumur belasan tahun. Padahal, dia hanya berasal dari sebuah perkampungan kumuh di Amerika… to be continued..

Leave a Reply

