Time Value of Money

Zaman SD, SMP, dan SMA kita sering dikenalkan lewat mata pelajaran IPS bahwa uang memiliki nilai, diantaranya nilai intrinsik dan nilai nominal. Namun, uang juga ternyata memiliki nilai apabila dilihat dari waktunya, istilahnya disebut sebagai Time Value of Money.

Time Value of Money adalah perubahan nilai uang berdasarkan waktu. Misalnya saja nilai uang satu juta rupiah saat ini tentu akan berbeda nilainya dengan sepuluh tahun yang akan datang atau dengan sepuluh tahun yang lalu. Konsep Time Value of Money harus diketahui terutama saat kita berinvestasi atau menanamkan modal. Orang yang memiliki uang banyak dan cerdas, tentu akan memilih uangnya untuk diinvestasikan (dalam bentuk apapun) dibandingkan hanya didiamkan dan disimpan, sehingga saat digunakan beberapa tahun kemudian uang tersebut nilainya sudah turun.

Konsep Time Value of Money dapat menjadi strategi dan dasar pemikiran bagi yang ingin berinvestasi. Contohnya saja kita ingin menginvestasikan uang kita dalam bentuk asuransi, selama 5 tahun uang yang kita taruh berjumlah 50 juta rupiah, pada akhir periode asuransi kita dapat mengambil uang kita dengan tambahan bunga sebesar 8 % yang berarti kita dapat uang sebesar 54 juta rupiah. Diluar sana inflasi atau kenaikan harga barang besarnya 7,4 % yang berarti bunga yang didapat lebih besar dibandingkan dengan kenaikan harga barang dan artinya investasi yang kita tanam menguntungkan.

Selain itu, dengan mengetahui nilai uang di masa yang akan datang, kita dapat mengetahui nilai barang yang kita miliki (misalnya Handphone, laptop, emas, dan lain-lain) beberapa tahun yang akan datang apabila ingin menjualnya lagi, sehingga hal tersebut dapat menjadi dasar pemikiran saat membeli barang dan kemudian merawatnya dengan baik agar nilainya tidak turun terlalu jauh. Namun, hal tersebut hanya berlaku bagi barang-barang yang memang nilainya pasti turun seiring bertambahnya waktu. Berbeda halnya dengan emas atau tanah, dimana semakin lama maka nilainya akan semakin naik, dengan konsep Time Value of Money ini kita juga dapat memperkirakan seberapa besar keuntungan yang didapat dari investasi yang ditanamkan. Selain itu, konsep ini juga dapat menjadi dasar pemikiran untuk memanajemen uang dengan baik agar kita tidak dirugikan atau meminimalisir dampak dari nilai uang yang turun seiring berjalannya waktu.

Advertisements

Author: Rizky Udhiyah >>> Life Puzzle

Indonesian | Bekasi | passionate about cooking especially sweet food, traveling, reading and watching | breads and banana lovers | dreaming to bring Indonesian traditional snacks to the world | dreaming, doing & believing | Try telling stories and sharing through a particle of ink that bundled in this blog. Please, enjoy it! Follow, comment, and let's blogging... :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s