Sebelum Terlambat

Tadi pas pulang dari TRY OUT SNMPTN 2010, gw pulang naik angkot, suasana saat itu sedang gerimis mepet mepet hujan. Si abang angkot seperti biasa ‘ngetem’ dulu menunggu angkotnya dipenuhi penumpang, setelah lama menunggu akhirnya angkotnya udah rada penuh. Ketika mau jalan, ada bapak-bapak tua menjadi penumpang terakhir. Bapak tua itu sekitar berumur 60-an, menggunakan kemeja putih lengan pendek yang dimasukkan ke dalam celana bahan berwarna hitam. Badannya agak bongkok, terlihat rintih, kulitnya sudah penuh dengan keriput dan bibirnya selalu bergerak seperti orang yang terkena stroke ringan. Pertama melihat aku sudah berempati. Kasian sekali bapak itu pergi sndirian. Setelah 5 menit angkotnya jalan tiba-tiba terdengar ringtone tarling dr saku kemeja bapak tua itu. Ternyata ada sms dengan nama pengirim bontot. Mungkin itu dari anaknya yang bungsu. Secara tidak sengaja, isi smsnya terbaca. Isinya, “Pah, lagi dimana?” Lalu si bapak tua itu membalas. Ia merab satu-satu huruf mana yang mesti ia pencet. Dan matanya pun mendekat dengan hp agar bacaannya terlihat.

Yang terbayang oleh gw saat itu adalah, bagaimana jika kedua orangtua gw seperti itu, di saat anak-anaknya sudah tidak tinggal bersama. Mereka pergi kemana-mana sendirian, dengan badan yang sudah tidak memungkinkan untuk melakukannya. Gak tega banget ngebayanginnya. Mata gw berkaca-kaca. Gw juga mikir seandainya umur gw panjang dan gw menjadi seorang nenek-nenek yang kurang lebih sama dengan bapak tua tadi. Heehh. Mungkin di saat itu gw bakal menyesali segala kelalaian gw di waktu muda. Muungkin saat itu, gw akan sangat menginginkan memutar waktu agar gw bisa memperbaiki semuanya. Hidup di hari tua dengan kesepian dan rasa penyesalan.

Sebelum terlambat, gw gak mau hal itu terjadi suatu saat nanti!!

Leave a Reply

