In The Round Of Doubt

“Menteri Pendidikan telah memutuskan bahwa UAN untuk tingkat SMA dan sederajat akan dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Maret 2009.”
“Waw!!” kata pertama yang keluar pertama kali saat mendengar berita tersebut. Gila juga yaa, kalo dibandingin ama tahun lalu, berarti UAN dimajukan 1 bulan lebih. ckckck. Ada apa nih? Apa sebenarnya yang mendasari keputusan tersebut? Aneh aja gitu, kok majunya jauh juga. ckckkck
Berarti waktu gw untuk belajar aktif di sekolah tercinta (baca: SMA Negeri 2 Bekasi) ini cuma sekitar 3 bulan lagi. Jauh dari perkiraan awal.
Oke, tenang. terus tarik napas dalem dalem. (hhhhhhhhh). Buang! (HUUUUUUUUUUH!)
pertama yang dipikirkan, gw gak perlu mikirin apa yang udah diputuskan. Sekarang, tinggal gimana gwnya aja yang memanage waktu yang tersisa ini.
Kalo saran dari guru mtk , sang maestro. hha (baca: pak Pur)
1. minimal jam 4 sore udah sampe dirumah. sampe magrib. nah itu waktu luang untuk manjain diri. terserah dah mau ngapain. suka-suka.
2. Jam 7 malam, atau sekitar abis Magrib, mulai keluarin buku-buku dari tas sekolah, dan belajar, kerjain PR, kerjain tugas buat sekolah esok harinya.
3. Jam 9 kurang, rapikan buku-buku, siapkan segala sesuatu untuk sekolah. kemudian jam 9 tepat, pergilah ke pulau kapuk. (baca: tidur). Jangan lupa setel alarm di jam 3 pagi.
4. Jam 3, ketika alarm berbunyi. Segeralah bangun dari tempat tidur. Pergi ke kamar mandi unuk cuci muka dan wudhu agar segala rasa ngantuk dan malas hilang (disarankan minum air hangat ketika rasa kantuk itu belum hilang). Solat tahajud sebentar. Setelah itu, keluarkan soal-soal snmptn, buku-buku kelas X dan XI, dan kerjakan soal-soalnya sampai jam 5 pagi.
5. Lakukan rutin setiap hari.
6. Jika sudah terbiasa, kurangi waktu tidur untuk menambah waktu belajar.
itu dia langkah-langkah kalo mau jadi orang sukses. Mumpung masih muda, jangan pernah manjain diri kalo mau sukses. Kalo udah sukses, bebas terserah mau ngapain aja (dikhususkan untuk orang-orang yang mau sukses). Saat-saat yang paling nikmat dan enak adalah ketika kita memetik apa yang sudah kita tanam sendiri.
Iya juga siih, setiap kesuksesan itu pasti btuh perjuangan. Gak semudah membalikkan tangan.
tapi semua nya gak cuma berpangkal di UAN. Keinginn terbesar gw saat ini adalah masuk universitas favorit di jurusan yang gw mau. Okke, tujuan utama gw : Ilmu Komunikasi UI.
di saat saat gw cuma mikir universitas itu doang. temen gw ada yang nanya begini,
“Ki, klo nih misalkan lo gak masuk kayak UI, Unpad, pokoknya yang deket deket sini lo gak masuk deh. Lo mau kemana? Lo gak bisa kan cuma ngandelin universitas-universitas itu doang.”
Jeeepp. dokem gw.
“Hmm, gak tw, gw juga bingung.”
“Yaudh bareng gw aja yuk ke Unsud. Di Purwokerto sana. Daripada swasta, mendingan negerinya kemana-mana deh. Yah walaupun jauh.”
“Iya sih. Emang Unsud bagus?”
“Semua universitas negeri mah bagus, tinggal gimana lo-nya aja.”
mulai mikir nih gw.. zzzz
“Tapi gw gak boleh ama nyokap gw jauh-jauh, takutnya gw tar kenapa kenapa, gk ada yang ngejaga gw. apalagi gw gak punya sodara sama sekali disana.”
“Sama gw juga gak punya.”
“Tapi kan lo cowo. Lah, gw cewe, kan beda.”
“Yaudah, yakinin dong nyokap lo. Bilang ama nyokap lo, klo lo bisa jaga diri. Masa sih temen lo disana ntar gak ada yang mau ngebantuin. Bilang juga ama nyokap lo, ada kok yang ngejagain lo, temen, cowo.”
“Iya deh” (muka pasrah sambil mikir juga)
hhaaaaa. gimana niih??! emoticon SIMAK UI juga testnya persis sebelum UAN. tanggal 14 Maret 2010 katanya. Kesemptan paling besar buat masuk masuk universitas favorit itu sebelum dan persis setelah UAN. Ngerasa banget klo dulu waktu gw kelas X ma kelas XI nyepelein pelajaran, males malesan. Ngerasa banget klo udah buang banyak waktu.
Mau fokuuuss!! Tapi giliran udah fokus, suasana rumah yang gak ngedukung. Ya ALLAH, semoga hamba bisa kuat menjalaninya.

“Okke, gw mau belajar. Gw harus semangat. Gak boleh nyerah. Inget ki, semua keputusan itu ada di tangan lo!! Yang menentukan lo sukses apa nggak itu ya lo sendiri. Ayo buktikan ke orangtua lo kalo lo bisa jadi anak yang membanggakan. Semangat!!”

Leave a Reply

